Tentang NJW2

Makanan Sehat Untuk Jantung

Menjaga pola kesehatan sangat penting, terutama dalam mengonsumsi makanan yang sehat untuk menghindari resiko penyakit jantung. 

Yang harus diperhatikan yaitu dengan menghindari makanan cepat saji karena dapat memperbesar resiko terkena panyakit berbahaya. Dalam kandungan makan siap saji atau instant biasanya mengandung kadar garam yang cukup tinggi sehingga menimbulkan hipertensi selain itu makanan cepat saji juga dapat menyebabkan tersumbatnya saluran darah yang nantinya akan menyebabkan serangan jantung.


Menjaga pola hidup sehat dengan cara olah raga teratur, mengonsumsi makanan sehat, tidak merokok dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Apabila suami maupun istri anda seorang perokok sebaiknya beri dia pengertian sebelum terlambat bahwa merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Kelompok Makanan Sehat
Agar bisa bekerja dengan baik, jantung juga membutuhkan senyawa fitonutrien. Apakah senyawa fitonutrien? Senyawa fitonutrien yaitu senyawa yang membantu tumbuhan agar terhidar dari kuman, jamur, dan hama pengganggu. Sedangkan bagi manusia, senyawa ini dapat membantu tubuh bekerja dengan baik. Senyawa ini terdapat pada sayur dan buah. 

Dan berikut beberapa makanan yang mengandung fitonutrien.

Apel
Selain mengandung fitonutrien apel juga mengandung quercetin dan peptin. Quercetin yaitu senyawa yang mampu mencegah peradangan dan asma, dan diduga mampu mencegah terjadinya kanker. Sedangakn peptin yaitu senyawa serat larut yang membantu menurunkan tingkat gula darah dan tekanan darah. 
Dengan mengonsumsi apel dua kali perhari dapat mengurangi terjadinya penyakit jantung karena apel sangat efektif dalam memerangi kolesterol jahat.

Biji-bijian
Mengonsumsi jagung, gandum, serta beras merah sebagai sumber karbohidrat sangat berperan dalam menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, serta penyakit kanker lainnya. Karena biji-bijian mengandung serat, protein, vitamin, antioksidan serta mineral. Mineral yang dimaksud adalah seperti zat besi, magnesium dan zinc.


Kacang juga mengandung serat dan air yang bisa membuat cepat kenyang, selain itu kacang juga mengandung antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas sebagai penyebab dari penyakit kanker 

Kubis
Kubis mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin C, potasium, kalsium, dan zat besi. Tak ada salahnya anda menambahkan kubis pada sayuran anda.

Buah Beri
Buah beri selain mengandung fitonutrien juga mengandung antioksidan dan serat. Rasa manis yang terdapat pada buah beri tidak memicu terjadinya penyakit diabetes.

Anggur 
Buah ini diduga dapat menyembuhkan penyakit jantung dan hipertensi karena mengandung quercetin yang bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah dari penyumbatan.
                                    
Bawang
Bawang putih juga dapat menggantikan garam untuk mendapatkan rasa gurih pada makanan. Jika terlalu banyak mengonsumsi garam makan akan meningkatkan resiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi yang memicu terjadinya penyakit jantung serta stroke.


Selain menjaga pola kesehatan anda juga perlu membatasi dalam mongonsumsi garam. Setidaknya 3-6 gram sehari. Hindari merokok serta olah raga yang rutin.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Makanan Sehat Untuk Jantung "